IDNEWS.CO.ID – Tottenham Hotspur menang 2-0 atas Manchester City pada lanjutan pertandingan Liga Premier Inggris. Hasil tersebut menjaga asa Spurs menembus zona Eropa musim depan.

Spurs menjamu City di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (2/2/2020) malam kemarin. Tampil di depan publik lawan, City menguasai pertandingan sejak menit awal, sebaliknya Spurs lebih banyak menunggu di separuh lapangan sendiri.

Namun demikian, permainan defensif Spurs cukup merepotkan pemain-peman City. Mereka baru bisa melepaskan percobaan on target pada menit ke-24. Bola kirimanan Kevin de Bruyne masih bisa ditangkap dengan baik oleh kiper Hugo Lloris.

Dua menit berselang mereka hampir unggul terlebih dulu andai sepakan mendatar Sergio Aguero tidak membentur tiang gawang. Spurs sesekali melancarkan serangan balik, namun umpan silang Bergwijn ke arah Dele Alli masih bisa dipotong oleh Kyle Walker.

Mendekati akhir babak pertama, The Citizens terus menekan pertahanan Spurs, sepakan De Bruyne dari luar kotak penalti masih melambung jauh. Kemudian sontekan Aguero juga masih melebar.

Di awal babak kedua menit ke-48, gawang Spurs hampir kemasukan. Sterling menerima umpan terobosan, namun dihentikan Lloris dan Tanganga yang kemudian bertabrakan satu sama lain. Bola liar disambar Aguero dan disapu Alderweireld di garis gawang.

City harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-60 setelah Oleksandr Zinchenko meneriam kartu kuning kedua usai menjatuhkan Bergwijn dalam situasi serangan balik.

Tiga menit berselang, Spurs mencetak gol. Lucas Moura mendapatkan bola lalu mengirim umpan yang dikontrol Bergwijn dan diselesaikan dengan tembakan voli ke pojok kanan bawah gawang.

Tottenham menggandakan keunggulan di menit ke-71. Tanguy Ndombele melepaskan umpan terukur yang diterima Son di belakang kerumunan pemain Man City. Tembakannya menghujam pojok kiri bawah gawang setelah sempat membentur kaki Fernandinho.

Di sisa menit yang ada, City melakukan sejulah perubahan untuk mencoba membalas kemasukan dua gol. Menit ke-89, sepakan Bernardo Silva masih bisa dihalau Alderweirld dengan kepala. Bola rebound diteruskan Aguero, namun Lloris masih bisa menepisnya.

Sampai laga usai, skor 2-0 untuk kemenangan Spurs tak berubah. Dengan hasil ini skuad asuhan Jose Mourinho beradadi peringkat lima dengan mengemas 37 poin, sementara City di posisi dua dengan mengemas 51 poin dari 25 pertandingan. (ach)

Susunan pemain:

Tottenham Hotspur: Hugo Lloris (c); Serge Aurier, Davinson Sanchez, Toby Alderweireld, Japhet Tanganga; Harry Winks, Giovani Lo Celso; Steven Bergwijn (Erik Lamela 70′), Dele Alli (Tanguy Ndombele 70′), Son Heung-Min; Lucas Moura (Eric Dier 84′)

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, Fernandinho (c), Nicolas Otamendi, Oleksandr Zinchenko; Ilkay Gundogan, Rodri, Kevin De Bruyne; Riyad Mahrez (Gabriel Jesus 72′), Sergio Aguero (Joao Cancelo 64′), Raheem Sterling (Bernardo Silva 84′)

LEAVE A REPLY