Ilustrasi make-up.
Ilustrasi make-up.

IDNEWS.CO.ID – Virus corona yang sudah menjangkiti banyak orang di berbagai negara di dunia menjadi isu yang sangat serius. Walaupun COVID-19 belum masuk ke Indonesia, kita tentu harus berjaga-jaga dengan menggunakan masker setiap hari. Belum lagi, polusi udara di Jakarta yang masuk dalam daftar terburuk di dunia.

Tapi sayangnya, buat para wanita yang terbiasa menggunakan make up, jika harus menggunakan masker akan terasa kurang nyaman, karena make up bisa menempel di masker dan membuat riasan kita jadi mudah pudar dan luntur. Lalu, adakah cara efektif untuk mengatasinya?

Jangan khawatir, berdasarkan rilis yang diterima VIVA, brand make up Y.O.U memberikan beberapa tips supaya make up kamu enggak gampang luntur saat mengenakan masker, berikut di antaranya.

Jangan lupakan skincare

Gunakan skincare dua kali sehari. Mulai dari tahap eksfoliasi dan hidrasi dengan toner atau essence, lalu gunakan serum, eye cream, dan day cream dengan kandungan minimal SPF 30 untuk pagi hari agar terlindung dari sinar UV. Gunakan juga night cream di malam hari agar kulit lebih lembap dan kenyal keesokan harinya.

Semprot wajah dengan setting spray

Persiapkan wajahmu dengan menyemprot setting spray favoritmu ke wajah dengan jarak 15-20 cm sebelum mengaplikasikan make up agar make up-mu lebih tahan lama.

Gunakan primer favoritmu

Gunakan primer untuk membatasi kulitmu antara skincare dan make up, serta agar make up-mu lebih tahan lama.

Jangan pakai foundation terlalu tebal

Hindari penggunaan foundation yang terlalu tebal. Gunakan setengah hingga satu pump foundation dan aplikasikan di seluruh wajahmu secara merata. Baurkan dengan beauty sponge. Jika kamu ingin pakai BB Cushion atau CC Cushion, aplikasikan tipis-tipis saja ya. Jangan terlalu ditekan.

Gunakan teknik igari blush on

Pernah dengar teknik igari blush on? Ya, ini merupakan teknik mengaplikasikan blush on agar wajah terlihat seperti orang mabuk atau demam. Teknik blush on ini cocok karena wajahmu akan tetap terlihat segar dan merona meskipun tertutup masker.

Kunci dengan translucent powder

Setting makeup-mu dengan translucent powder. Mengapa translucent powder? Karena hal ini dapat meminimalisir transfer warna foundation ke masker. Gunakan powder brush (kuas bedak yang besar dan padat) dan sapukan powder ke seluruh wajah secara perlahan dan merata.

Fokus pada makeup mata

Setengah wajahmu akan tertutup oleh masker dan hanya bagian mata yang akan terlihat. Jadi, jika kamu ingin tampil memukau, kamu bisa eksplor riasan mata dengan warna-warna menarik, seperti peach, maroon, shimmer, atau smokey eyes (jika ada acara spesial). Jangan lupa aplikasikan eyeliner serta maskara di bulu mata bagian atas dan bawah supaya riasan mata lebih cantik.

Pakai lip cream matte yang tidak mudah transfer

Sebelum pakai lip cream matte, persiapkan dulu bibirmu dengan lip balm. Biarkan meresap hingga 10 menit, lalu bersihkan dengan tisu atau kapas. Setelah itu, aplikasikan lip cream matte dengan warna natural.

Terakhir, kunci lagi dengan setting spray

Ini merupakan sentuhan terakhir supaya make up-mu tidak mudah bergeser karena penggunaan masker. Semprot lagi wajahmu dengan setting spray dan biarkan kering terlebih dahulu sebelum kamu mengenakan masker.

LEAVE A REPLY