Presiden AS, Donald Trump. Foto: The Nation

IDNEWS.CO.ID – Presiden Amerika Serikat Donald Trump ditunjuk melontarkan kalimat bersuara rasisme setelah mengupload cuitan yang menyerang anggota Kongres dari Partai Demokrat.

Ia mengatakan, para wanita anggota kongres itu “berasal dari sekian banyak negara yang pemerintahannya yaitu betul-betul malapetaka”, dan merekomendasikan mereka untuk “kembali” ke negara asal.

Ia terus menyebutkan ketua DPR, Nancy Pelocy, “akan benar-benar puas untuk segera mengontrol perjalanan gratis” buat mereka.

Serangan ini mengemuka setelah Pelosi bersitegang dengan sekelompok orang yang terdiri dalam empat anggota kongres dari Partai Demokrat yang non-kulit putih dan berhaluan kiri.

Dari empat anggota kongres itu, tiga pada mereka – Alexandra Ocasio-Cortez, Rashida Tlaib dan Ayanna Pressley – lahir dan besar di Amerika Serikat, sementara seorang yang lain, Ilhan Omar, pindah ke Amerika Serikat saat masih kecil.

Ocasio-Cortez lahir di Bronx, New York, sekitar 19 kilometer dari rumah sakit Queens, tempat Trump dilahirkan.

Apa yang dikatakan sang presiden?

Dalam utas upload yang terdiri dalam tiga cuitan, Trump menuduh anggota kongres wanita itu “dengan kejam” mengkritiknya dan Amerika Serikat.

Ia menulis: “Benar-benar menarik melihat anggota kongres wanita Demokrat yang `progresif`, yang berasal dari sekian banyak negara yang pemerintahannya yaitu betul-betul malapetaka, yang terjelek, paling korup dan tidak kompeten di dunia (kalaulah mereka memiliki pemerintahan yang betul-betul memiliki fungsi), saat ini dengan nyaring dan kejam memberi kabar beberapa orang Amerika Serikat, bangsa terbesar dan paling kuat di dunia, bagaimana pemerintah kita mesti dikerjakan.”

“Kenapa mereka tidak kembali dan menopang melakukan perbaikan beberapa tempat yang betul-betul rusak dan penuh dengan kejahatan dari tempat mana mereka hadir. Lalu kembali dan beri pada kami bagaimana hal semacam itu dilakukan.

“Beberapa tempat ini benar-benar perlu bantuanmu, kamu tidak dapat pergi dengan cukup cepat. Saya sangat percaya Nancy Pelosi akan benar-benar puas untuk segera mengontrol perjalanan gratis!”

Ia tidak secara langsung menyebutkan beberapa nama anggota kongres yang dibicarakan.

Biarpun demikian, dari rekomendasi pada Pelosi, secara luas diidentikkan ia mengacu pada Ocasio-Cortez, Tlaib, Pressley dan Omar.

Sepanjang satu pekan terakhir, Pelosi berselisih dengan Ocasio-Cortez, yang menuduhnya pilih wanita kulit berwarna untuk dinilai mengejar ketidaksepakatan dalam badan Demokrat berkaitan RUU keamanan tepian. (ndi)

LEAVE A REPLY