Irish Bella.

IDNEWS.CO.ID – Twin to Twin Transfusion Syndrome atau TTTS menjadi salah satu dari penyebab kematian bayi kembar pesinetron Irish Bella. TTTS sendiri terjadi akibat kelainan pada plasenta di rahim yang menyebabkan dampak berbahaya pada janin.

Dokter menyebutkan bahwa Irish Bella mengalami solusio plasenta sehingga membuat kondisi TTTS terjadi. Hal ini memicu Irish Bella dan Ammar Zoni harus merelakan kepergian janin bayi kembarnya.

“Plasenta lepas dengan cepat. Untuk kehamilan kembar, plasenta satu tali pusat dua. Bayi kembar donor resipien ini namanya TTTS,” ujar spesialis kandungan yang menangani Irish, dr. Gatot Abdurrazak SpOG, baru-baru ini.

Dikutip dari laman Cincinnati Children, Selasa, 8 Oktober 2019, TTTS merupakan kelainan pada plasenta dan bukan pada janinnya sendiri, namun dampaknya bisa membuat tumbuh kembang pada janin bayi kembar berbahaya. Cairan darah dari plasenta tersebut hanya berjalan satu arah yang artinya tidak seimbang antar kedua janin.

Salah satu janin pendonor akan mengalami kekurangan cairan darah dan menjadi dehidrasi. Kondisi ini membuat tubuh janin kekurangan produksi urin sehingga minim cairan amniotik dan pertumbuhannya buruk.

Sementara janin lainnya sebagai resipien, mengalami kelebihan cairan dan membuat produksi urine ter?alu banyak. Kelebihan cairan ini memicu pembengkakan di tubuh janin yang satu. Kondisi tersebut membuat kandung kemih janin membesar dan mengeluarkan cairan amniotik berlebih.

Bahayanya, kelebihan cairan yang dikeluarkan itu bisa berdampak buruk pada jantung janin. Tak jarang, jantung janin resipien akhirnya mengalami gagal jantung dan bisa memicu kematian.

Kondisi TTTS ini cenderung rentan terjadi pada usia kehamilan 20 pekan. Tanpa penanganan tepat, kondisi ini bisa fatal pada kedua janin. Operasi ?adang dibutuhkan untuk menyelamatkan satu atau kedua bayi dalam kondisi ini.

Namun, yang perlu dipahami, diagnosis TTTS ini menjadi pengalaman emosional dan membutuhkan keputusan dengan cepat. Semoga Irish Bella dan Ammar Zoni segera pulih dari kondisi berduka usai kehilangan bayi kembarnya ya. (ldp)

LEAVE A REPLY