Ilustrasi anak sekolah

IDNEWS.CO.ID – Enggak cuma orangtua, ternyata anak-anak juga memiliki rasa peduli dan empati. Tetapi, tak banyak orangtua yang mengenali usia tepat dalam melatih kepedulian si kecil.

Sebenarnya mengasah kepedulian anak bisa dilakukan sedini mungkin. Menurut psikolog Roslina Verauli, usia paling dini dimulainya stimulasi oleh orangtua yaitu 1 tahun.

“Mengasah rasa peduli anak dapat dilakukan orangtua sejak dini sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak dengan stimulasi yang bervariasi, dimulai pada usia sejak 1 hingga 2 tahun, 3 sampai 4 tahun, dan 5 sampai 6 tahun bahkan hingga usia 7 tahun ke atas,” kata Psikolog Anak, Roslina Verauli, M.Psi, Psi, dikutip dari siaran pers BebeLand, Selasa 10 September 2019.

Pada usia 3 sampai 4 tahun, misalnya ajak anak untuk membantu atau menolong orang lain. Vera melanjutkan, saat anak berusia 5 sampai 6 tahun, libatkan anak dalam emotional talk.

“Mereka bisa menyampaikan apa yang mereka rasakan dan berikan pujian dan penghargaan untuk setiap hal baik yang mereka lakukan,” lanjut dia.

Peran orangtua di sini sangat penting dalam memberi kesempatan si kecil melakukan sikap kepeduliannya itu. Dalam menerapkan aksi nyata untuk merangsang kepedulian si kecil, orangtua dituntut lebih kreatif dan peka pada kebutuhan anak.

“Si anak butuh diberi kesempatan untuk melakukan aksi nyata isalnya, anak sedang tidak nyaman, kemudian orangtua memberikan pertanyaan yang merangsang si anak untuk melakukan aksi,” jelasnya.

LEAVE A REPLY