Ilustrasi

IDNEWS.CO.ID – Pemerintah Provinsi DKI diusulkan tingkatkan biaya parkir kendaraan, utamanya mobil, sampai tiga ratus persen di semuanya Jakarta. Menurut analis kebijakan transportasi Azas Tigor Nainggolan, hal tersebut merupakan salah satunya trik yang dapat diambil untuk mengatasi masalah macet di Ibu Kota.

“Biaya parkir dapat dinaikkan setidaknya tiga ratus persen,” papar Azas di Jakarta.

Azas menyampaikan, menurunnya penduduk yang menggunakan kendaraan pribadi karena tingginya biaya yang mesti dikeluarkan jika ingin parkir, akan bikin jalanan lebih lengang. Seterusnya, ketentuan lain seperti ganjil genap yang diwacanakan dijalankan kembali, dapat ditempatkan karena jalanan yang lebih lengang, bikin jalur-jalur pilihan untuk menghindari aturan, dapat lebih mudah dilalui.

“Pemerintah mesti segera memaksimalkan kemampuan jalan semuanya Jakarta agar dapat berubah menjadi pilihan dari jalan yang terkena prasyarat ganjil genap,” papar Azas.

Azas menganjurkan dihapuskannya parkir on street yang kerapkali jadi memakan badan jalan. Mengenai, dipersulitnya pengguna kendaraan pribadi menggunakan kendaraan mereka seperti trik ini, merupakan perihal yang dinilai dapat diambil untuk pada akhirnya bikin transportasi umum lebih diseleksi.

“Beberapa pengguna mobil pribadi kelak berubah menjadi tidak nyaman menggunakan mobilnya dan berpindah ke angkutan umum massal seperti TransJakarta,” papar Azas. (fat)

LEAVE A REPLY