Ilustrasi mudik. Foto: Warta Pilihan

IDNEWS.CO.ID – Masyarakat masih saja membandel tetap berupaya untuk pulang kampung atau mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah/2020 di tengah masa pandemi COVID-19. Padahal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melarang mudik.

Terlihat ada ratusan kendaraan yang dipaksa petugas check point untuk putar balik karena berusaha ingin mudik. Ratusan pemudik dari zona merah Jakarta dan Bogor itu dipaksa putar balik oleh petugas di Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Para pemudik ini mencoba mengelabui petugas check point pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dari arah Jakarta dan Bogor, yang hendak melalui jalur selatan, Garut dan Sumedang. Namun, petugas akhirnya meminta 120 kendaraan supaya putar balik lagi.

Selain di Tol Cileunyi, petugas check point juga memaksa lima kendaraan untuk putar balik di Kulonprogo, Yogyakarta. Karena, kendaraan tersebut kedapatan membawa penumpang melebihi kapasitas yang telah ditetapkan sesuai aturan PSBB. Meskipun, daerah tersebut belum menerapkan PSBB.

“Kendaraan membawa penumpang melebihi kapasitas dari bandara bertujuan ke Jawa Tengah. Penumpang tersebut dari Makassar, untuk jaga kesehatan kita minta putar balik lagi ke bandara,” kata Kepala Pos Pemeriksaan, Iptu Suchendar pada Jumat, 22 Mei 2020. (ndi)

LEAVE A REPLY