Ilustrasi air dingin/air es

IDNEWS.CO.ID – Warga Malaysia disarankan untuk tidak mengonsumsi es dari sumber air yang tidak jelas sumbernya, selama wabah virus corona baru atau COVID-19 masih ada, karena bisa berisiko terinfeksi. 

Phee Boon Poh, ketua komite Penang Welfare, Caring Society and Environment, mengatakan bahwa COVID-19 dapat ditularkan melalui cairan. 

“Kami tidak tahu sumber air yang digunakan untuk memproduksi es batu di pasar. Beberapa produsen es tidak merebus air atau mendisinfeksi air dengan benar sebelum dibekukan. Kecuali kita yakin dengan kualitas air yang digunakan, yang terbaik adalah menghindari mengonsumsi es,” kata dia, dilansir World of Buzz, Kamis 20 Februari 2020. 

Dia menambahkan, menjaga kebersihan pribadi masih menjadi cara terbaik untuk menghindari terinfeksi oleh virus, termasuk menghindari kontak tubuh yang tidak perlu dengan orang lain. Orang-orang yang sakit flu dan batuk juga harus memakai masker wajah dan menghindari tempat-tempat ramai. 

Sementara itu, Phee menyebutkan bahwa sampai sekarang masih belum ada kasus terkait virus mematikan ini di Penang, Malaysia. Dia juga mendesak masyarakat untuk berhenti menyebarkan hoax yang dapat menyebabkan kepanikan yang tidak perlu. 

Diketahui, kasus virus corona COVID-19 terus mengalami kenaikan. Otoritas kesehatan China melaporkan, hingga Rabu, 19 Februari 2020, ada 1.749 kasus baru dan dari data itu juga ada 136 kematian baru akibat virus mematikan tersebut. 

Sehingga, total kasus corona virus mencapai 74.185 kasus dan 2.004 kematian, masing-masing ada di daratan China pada hari Rabu. Di provinsi Hubei, pusat wabah, ada 1.693 kasus baru dan 132 kematian baru pada Rabu pagi.

LEAVE A REPLY