Pemerintah China tutup kota Wuhan gara-gara virus Corona
Pemerintah China tutup kota Wuhan gara-gara virus Corona

IDNEWS.CO.ID – Sejak wabah virus corona pertama kali muncul di Wuhan, China, dan merebak ke beberapa wilayah muncul sejumlah ketakutan di masyarakat. Salah satunya ialah takut untuk mengonsumsi berbagai barang serta produk dari China. 

Mayoritas masyarakat takut bahwa barang atau produk yang dikonsumsi akan terpapar virus corona, yang telah menyebar ke 10 negara. Tapi, benarkah penularan itu bisa terjadi? 

“Tidak ada ceritanya karena makanan, pakaian. Enggak ada. Beli pakaian dari China ketularan? Ya enggak, dicuci dengan bersih dulu,” Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Masyarakat Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono, saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Senin, 27 Januari 2020.

Ia mengatakan bahwa penyebab pasti hingga penularan virus Corona masih terus diselidiki. Anung memaparkan bahwa penularan sejauh ini terjadi karena kontak langsung dengan orang yang terpapar virus sebelumnya. 

“Masih diduga karena kontak langsung, seperti omongan udara, droplet (partikel kecil dari mulut). Jadi kalau yang batuk bisa pakai masker. Kalau dekat orang batuk, kita melindungi diri,” ucapnya. 

Lebih lanjut, kata dia, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan penyakit tersebut.  Salah satunya ialah meningkatkan daya tahan tubuh dengan makan cukup dan sehat, istirahat cukup. Sehingga hal tersebut mampu meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh.

Pencegahan kedua adalah menjauhi sumber virus hingga tidak lagi ada wabah tersebut dan langsung memeriksakan kondisi kesehatan jika merasakan gejala seperti penderita virus corona.

“Sumbernya dari sana (Wuhan) ya jangan ke sana. Jangan dekat-dekat dengan unggas liar yang bisa jadi sumber penularan,” tutur Anung.

LEAVE A REPLY