Ilustrasi

IDNEWS.CO.ID – Badan Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa (BPPBJ) DKI Jakarta meminta masyarakat waspada dan menegaskan bahwa lembaga tersebut tidak menerbitkan surat tender pengadaan barang saat pandemi.

Kepala BPPBJ DKI Jakarta Blessmiyanda mengatakan, selama kondisi darurat COVID-19, berdasarkan Peraturan LKPP No. 13/2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Dalam Penanganan Keadaan Darurat, pembelian barang atau jasa langsung oleh pengguna anggaran di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dengan kata lain, tidak melalui proses tender di BPPBJ. “Karena kondisi darurat COVID-19, pembelian langsung dilakukan oleh OPD pelaksana anggaran dan BPPBJ tidak berwenang menerbitkan SPK atau Surat Perintah Kerja.” kata Blessmiyanda di Jakarta, Rabu (23/9/2020).

Blessmiyanda mengatakan, untuk surat palsu tersebut juga dapat diketahui dari stempel dan keterangan yang tidak sesuai. “Bukan hanya suratnya yang palsu, tapi kami juga tidak berwenang menerbitkan SPK,” kata dia.

Apabila masyarakat mendapatkan surat serupa yang berindikasi penipuan, sambung Blessmiyanda, dapat melapor dan klarifikasi, serta konfirmasi ke BPPBJ DKI. Alamat pelaporan di Jl. Kebon Sirih Blok H lantai 20 Komplek Balai Kota, Jakarta Pusat, telepon 021-3822874 atau email ke subbagumum.bppbj@jakarta.go.id. (ach)

LEAVE A REPLY