Penyemprotan disinfektan di Jakarta.

IDNEWS.CO.ID – Banyak orang yang berasumsi bahwa menyemprot tubuh dengan alkohol atau klorin dapat membunuh virus corona baru atau COVID-19. Itu karena bahan-bahan tadi banyak digunakan sebagai disinfektan.

Namun, organisasi kesehatan dunia, WHO membantah hal tersebut. Menurut WHO, menyemprot alkohol atau klorin pada tubuh seseorang tidak akan membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh.

Stop. Jangan menyemprot disinfektan ke badan seseorang, karena hal ini dapat membahayakan,” tulis akun @whoindonesia, dikutip VIVA, Senin, 30 Maret 2020.

Bukan hanya percuma, menyemprot disinfektan ke tubuh seseorang juga bisa menimbulkan bahaya kesehatan.

Menyemprot bahan-bahan kimia seperti itu dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir (contoh: mata, mulut),” lanjut WHO.

Penting untuk diingat, alkohol dan klorin bisa berguna sebagai disinfektan pada permukaan benda. Namun, harus digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaannya.

Lebih lanjut, WHO meminta masyarakat untuk melawan COVID-19 dengan tepat, salah satunya dengan menggunakan disinfektan hanya pada permukaan benda-benda yang pernah atau sering tersentuh.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai virus corona atau COVID-19, Kamu bisa membuka laman who.int/indonesia.

LEAVE A REPLY