IDNEWS.CO.ID – Mobil Xpander seri mini, Mitsubishi eK sudah mulai di jual di Jepang. Untuk model eK X yang garang harga nya mencapai 1.414.800 yen atau sekitar Rp 181 juta-an. Sementara untuk model lainnya yang lebih murah yaitu eK Wagon di jual seharga 1.296.000 yen atau Rp 165 juta.

Mobil ini merupakan hasil garapan bersama Nissan serta Mitsubishi. Total ada 4 model Livina serta Xpander seri mini yang di jual di Jepang. Ke empat model itu ialah Mitsubishi eK wagon, Mitsubishi eK X, Nissan Dayz, serta Nissan Dayz Highway Star. Semua mobil di produksi di pabrik Mizushima milik Mitsubishi di Kurashiki, Jepang.

Kembali ke Xpander mini, ada beda yang cukup kentara pada ek Wagon serta eK X. Jika eK wagon lebih ‘standar’ mukanya, eK X sangat mirip tampangnya dengan Xpander. Mitsubishi juga berani menyebutkan mobil mempunyai design ala SUV karena design Dynamic Shield pada bagian depan, lampu LED yang lancip serta bemper-bempernya yang ala mobil crossover.

Mobil menggunakan mesin memiliki 660 cc 3 silinder yang khas dipakai mobil kecil di Jepang. Mesin ini membuahkan tenaga sampai 51 hp dengan torsi 60 Nm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi CVT.

Untuk eK X Mitsubishi pula menggunakan sistem hybrid. Tetapi bukan seperti hybrid umumnya, yaitu mild hybrid, sayang Mitsubishi tidak mengatakan secara ditel.

Mobil-mobil ini akan dilengkapi dengan teknologi semi otonom yaitu fitur yang mengawasi mobil masih di satu lajur pada jalanan bebas hambatan. Selain itu ada pula fitur modern seperti Grip Control yang membantu pengendara dalam jalanan yang licin, Multi Around Monitor, serta camera belakang digital yang dapat ditampilkan di spion. Fitur-fitur ini pertama kali dipasang di mobil kei car (mobil kecil) di Jepang.

Mobil di produksi oleh perusahaan patungan Nissan serta Mitsubishi, NKMV, yang menggabungkan keahlian kedua perusahaan dalam memproduksi mobil mini dan wagon.

(ndi)

LEAVE A REPLY