Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi demi kesehatan perkembangan janin, salah satunya yaitu zat besi. Sebagian belahan dari nutrisi Ibu hamil, zat besi sanggup didapatkan dari masakan atau pun minuman yang Anda konsumsi. Namun tahukah Anda kalau  9% perempuan usia subur, yaitu 12 hingga 49 tahun, kurang zat besi?

Kekurangan zat besi selama kehamilan, terutama pada dua trimester pertama, sanggup meningkatkan risiko persalinan prematur dan bayi dengan berat lahir renda. Wanita membutuhkan lebih banyak zat besi selama kehamilan mereka untuk mendukung peningkatan volume darah sehingga sanggup bayi sehat dan juga untuk mempersiapkan persalinan aman.

Baca juga: Fase Kehamilan Minggu Ketiga

Manfaat Zat Besi untuk Ibu Hamil
Kenapa zat besi itu penting untuk ibu hamil? Nah, sebenarnya, bahkan kalau Anda tidak hamil pun, badan Anda membutuhkan zat besi untuk banyak sekali fungsi.

  • Zat besi bertanggung jawab untuk pembentukan hemoglobin, protein yang hadir dalam sel darah merah, yang membawa oksigen.
  • Zat besi yaitu komponen penting dari mioglobin, protein yang memasok oksigen ke otot, dan kolagen, yang membantu membangun tulang, tulang rawan dan jaringan ikat lainnya.
  •  Zat ial ini juga dibutuhkan untuk produksi banyak enzim esensial dan membantu dalam memperkuat sistem kekebalan badan Anda.

Anda perlu meningkatkan konsumsi zat besi selama kehamilan sebab alasan di bawah ini:

1. Untuk menciptakan ekstra hemoglobin:
Selama kehamilan, badan Anda menghasilkan hampir 50% lebih banyak darah daripada biasanya, sebab itulah Anda memerlukan ekstra hemoglobin dan sebab itu, Anda juga butuh zat besi ekstra.

2. Kekurangan zat besi yang sudah ada sebelumnya:
Banyak perempuan kekurangan zat besi bahkan sebelum mereka hamil. Jumlah besi yang tidak mencukupi menciptakan orang merasa lelah. Makanya mereka butuh zat besi ekstra selama kehamilan.

3. Meningkatnya kebutuhan bayi:
Seiring pertumbuhan bayi, kebutuhan akan zat besi meningkat, terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan.

4. Untuk melawan komplikasi selama kehamilan:
Kekurangan zat besi selama kehamilan dikaitkan dengan beberapa komplikasi kehamilan ibarat persalinan prematur, berat lahir rendah, maut bayi, dll . Anda sanggup menghindari semua ini dengan asupan zat besi yang cukup.

Sekarang setelah Anda tahu pentingnya besi, Anda juga harus tahu apakah Anda mendapat cukup zat besi. Berapa banyak kebutuhan zat besi bagi ibu hamil? Dari mana Ibu sanggup mendapat zat besi itu? Apakah ada komplemen zat besi untuk ibu hamil?

Apakah Anda Mendapatkan Zat Besi yang Cukup?
Tubuh Anda memakai lebih banyak zat besi selama kehamilan untuk menciptakan darah ekstra yang sangat penting bagi Anda dan janin. Ini juga membantu mengangkut oksigen dari paru-paru ke belahan badan bayi. Jadi, kalau Anda tidak meminum cukup zat besi, Anda akan merasa cepat lelah.

Untuk mengetahui apakah Anda cukup meminum zat besi, Anda perlu tahu berapa banyak yang harus benar-benar Anda konsumsi.

Berapa banyak kebutuhan zat besi untuk Ibu Hamil?
Anda memerlukan total 800 miligram (mg) selama kehamilan. Dari total tersebut, janin dan plasenta membutuhkan 300mg, dan kebutuhan hemoglobin ibu yaitu 500mg.

Tubuh Anda memakai sejumlah besar zat besi selama paruh kedua kehamilan. Oleh sebab itu, undangan meningkat dari 0.8mg sehari di trimester pertama menjadi 6-7mg pada tahap selanjutnya.
Secara keseluruhan, Anda memerlukan 2 hingga 4,8 miligram zat besi setiap hari. Ini berarti Anda harus mengambil 20 hingga 48 miligram zat gizi semoga badan menyerap jumlah yang dibutuhkan. Sisanya akan dibuang melalui kulit, air kencing, dan usus.

Menurut CDC, asupan zat besi yang direkomendasikan selama kehamilan harus 30 miligram komplemen zat besi setiap hari pada dikala kunjungan prenatal pertama mereka.

Makanan dengan Kandungan Zat Besi yang Tinggi

Selain suplemen, dokter Anda mungkin juga merekomendasikan masakan kaya zat besi selama kehamilan.

Ada dua jenis zat besi: heme dan non-heme.
Besi heme ditemukan pada sumber hewani ibarat daging merah, daging sapi, kalkun, ayam, babi, dan ikan.
Tubuh Anda menyerap zat besi ini lebih baik dari jenis lainnya. Oleh sebab itu, ada baiknya mengkonsumsi lebih banyak masakan heme.

Besi non-heme ditemukan pada sumber tumbuhan ibarat bayam, kacang-kacangan, buah kering, tahu, biji-bijian dan masakan berbahan besi.

Beberapa masakan yang mengandung besi heme (per tiga ons) adalah:
•    Lean beef chuck steak – 3.2mg
•    Lean beef tenderloin – 3mg
•    Hati sapi – 5.2mg
•    Daging dada ayam – 1.1mg
•    Daging gelap ayam – 1.1mg
•    Hati ayam – 11mg
•    Daging dada kalkun (panggang) – 1.4mg
•    Daging gelap di kalkun (dipanggang) – 2mg
•    Pork loin chop – 1.2mg
•    Tuna ringan, kalengan – 1,3mg
•    Tiram kalengan – 5.7mg

Makanan yang mengandung besi non-heme:
•    Satu cangkir instant oatmeal (diperkaya besi) – 10mg
•    Secangkir serealia siap saji – 24mg
•    Satu cangkir kacang lentil matang – 6,6mg
•    Satu cangkir kedelai, direbus – 8,8mg
•    Satu cangkir buncis – 4.8mg
•    Satu gelas lima kacang, dimasak – 4.5mg
•    Satu cangkir kacang merah, dimasak – 5.2mg
•    Satu cangkir pinto atau kacang hitam, dimasak – 3.6mg
•    Satu ons biji labu, panggang – 4.2mg
•    Setengah cangkir bayam rebus – 3.2mg
•    Setengah cangkir tahu mentah, kencangkan – 3.4mg
•    Satu cangkir jus prune – 3mg
•    Satu sendok makan blackstrap molasses – 3.5mg
•    Kuncup empat kismis – 0,75 mg
•    Satu potong roti putih atau gandum utuh diperkaya – 5.7mg

Ini yaitu sumber zat besi selama kehamilan. Tapi, terkadang sulit mendapat cukup zat besi dari makanan, terutama dalam contoh makan vegan atau vegetarian.

Tips Untuk Memenuhi Kebutuhan Besi Selama Kehamilan:
Berikut yaitu beberapa cara sederhana untuk mempertahankan zat besi dikala merencanakan masakan sehari-hari Anda:

  • Gunakan panci besi untuk memasak kalau memungkinkan (Terutama dikala memasak saus tomat dan masakan asam dan lembab lainnya). Mereka menyerap zat besi dan membantu Anda mendapat sejumlah.
  • Hindari mengkonsumsi kafein bersamaan dengan makan. Produk kafein mengandung fenol yang mengganggu perembesan zat besi.
  • Konsumsilah masakan yang kaya akan vitamin C ibarat jeruk, brokoli, stroberi, dll. Vitamin C diketahui sanggup meningkatkan perembesan zat besi hingga enam kali.
  • Kurangi masakan ibarat kacang polong, biji-bijian, masakan kedelai, dan bayam yang mengandung zat besi (zat yang mencegah perembesan zat besi) atau menyeimbangkannya dengan masakan penguat besi ibarat daging, ikan, dan unggas.
  • Kalsium menghalangi perembesan zat besi. Jika Anda memakai komplemen kalsium, pastikan Anda meletakannya di antara waktu makan.
  • Tambahkan ikan atau daging ke masakan sehari-hari Anda sebab masakan membantu badan menyerap masakan non-heme.

 Baca juga : Mual Muntah pada Awal Kehamilan

Apa Yang Terjadi Jika Anda Tidak Mendapatkan Besi yang Cukup Selama Kehamilan? 

Kekurangan zat besi yaitu defisiensi nutrisi utama yang terjadi selama kehamilan. Biasanya terjadi pada trimester ketiga. Tingkat zat besi yang rendah sanggup berakibat pada:
•    Menurunkan kapasitas kerja
•    Kelelahan
•    Berkurangnya resistensi terhadap bisul
•    Stres kardiovaskular
•    Anemia defisiensi besi

Tingkat zat besi yang rendah selama kehamilan sanggup menimbulkan risiko serius bagi bayi juga, termasuk:
•    Berat lahir rendah
•    Bayi prematur
•    Kematian bayi

Jika Anda menderita anemia bahkan sebelum hamil, Anda harus  memberitahudokter Anda. Terkadang, dokter juga akan melakukan  cek darah. OBS-GYN Anda akan merekomendasikan jumlah zat besi yang Anda butuhkan dari suplemen.

Haruskah Anda Minum Suplemen Zat Besi Saat Hamil?

Seiring kemajuan kehamilan, ginekolog Anda akan meresepkan tablet zat besi. Namun, itu tidak berarti Anda mempunyai kekurangan zat besi. Mereka biasanya menyarankan komplemen sebagai tindakan pencegahan sebab kebutuhan zat besi selama kehamilan meningkat pada bulan-bulan berikutnya. Selain itu, Anda mungkin tidak mendapat cukup zat besi dari masakan sehari-hari.

Selama investigasi prenatal pertama Anda, dokter Anda akan menyidik kadar zat besi dan menyarankan vitamin prenatal tergantung hasilnya.

Ingat Anda mungkin perlu mengetahui hal-hal tertentu dikala mengkonsumsi komplemen zat besi selama kehamilan.

•    Ambil komplemen dengan takaran yang sesuai. Jika Anda melewatkannya pada satu hari, jangan mengambil dua hari berikutnya.
•    Mengkonsumsi masakan kaya serat dikala Anda memakai komplemen zat besi sebab obat-obatan cenderung menciptakan tinja menjadi keras.
•    Pastikan komplemen yang Anda gunakan masih segar dan baik dalam masa kedaluwarsa.
•    Pertimbangkan dengan dokter kalau anda mempunyai risiko interaksi obat atau reaksi alergi dengan komplemen zat besi.

Apakah Terlalu Banyak Besi Buruk Selama Kehamilan?
Anda sanggup mempunyai besi hingga 45 miligram per hari. Jika Anda mengambil lebih dari jumlah ini, mungkin akan meningkatkan kadar zat besi dalam darah sehingga berisiko bagi ibu dan janin.

Kelebihan besi sanggup menimbulkan kondisi berikut:
•    Masalah gastrointestinal ibarat mual dan konstipasi.
•    Stres oksidatif atau diabetes gestasional.
•    Ketidakseimbangan dalam badan yang mungkin memainkan tugas vital dalam kesuburan.
•    Keguguran bekerjasama dengan preeklampsia.

Terkadang, komplemen menimbulkan imbas samping, terutama kalau dosisnya di atas nilai harian yang dibutuhkan.

Apa Efek Samping Suplemen Besi Selama Kehamilan?
Anda perlu menyeimbangkan kandungan zat besi di badan selama kehamilan untuk menghindari imbas samping berikut yang diakibatkan oleh suplemen:

•    Gangguan jalan masuk pencernaan: Konstipasi yaitu salah satu dilema utama yang mungkin Anda alami. Jus prune akan memperlihatkan kelegaan cepat.
•    Kotoran yang lebih gelap: Besi mengubah warna tinja Anda. Namun, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan hal ini..
•    Mual dan diare: Terkadang suplementasi sanggup menciptakan Anda merasa mual. Oleh sebab itu, Anda dapat
mengonsumsi komplemen bersama dengan kudapan atau sebelum tidur.

Waktu Terbaik Untuk mengonsumsi Tablet zat Besi Selama Kehamilan:
Waktu terbaik untuk minum komplemen zat besi yaitu satu atau dua jam sebelum atau setelah makan sebab zat besi akan diserap lebih baik pada waktu perut kosong.

Mengonsumsi komplemen zat besi dengan masakan lain, ibarat susu, teh, kopi, keju, telur, bayam, biji-bijian dan yogurt, sanggup merusak manfaatnya.

Apakah Aman Memindahkan Suntikan Besi Selama Kehamilan?
Suntikan zat besi terbatas hanya pada mereka yang komplemen oralnya gagal. Ini berarti suntikan diberikan kepada mereka yang tidak sanggup menyerap zat besi oral atau mempunyai kondisi anemia berat meski mendapat takaran besi yang cukup.

•    Ini yaitu perawatan yang mahal.
•    Hipersensitivitas, demam, muntah, mual, nyeri sendi, mengi, dan sesak yaitu beberapa imbas samping suntikan besi.
•    Selain itu, besi suntik bersifat teratogenik (mengganggu perkembangan janin dan sanggup menimbulkan cacat bawaan).

Cara terbaik untuk mendapat cukup zat besi ke badan Anda selama kehamilan yaitu cara alami. Makan masakan yang kaya zat besi dan yang membantu menyerap zat besi dari masakan lain. Diet sehat dan bergizi sebaiknya membantu badan mendapat zat besi yang cukup untuk Anda dan bayi.

Untuk itu, pastikan nutrisi Anda sebagai Ibu hamil benar-benar diperhatikan.